Tips Cegah Hard Disk Laptop Bad Sector

Tips Cegah Hard Disk Laptop Bad Sector

Styleintech.com – Sebagaimana pentingnya peranan CPU dan juga GPU dalam memberikan performa kencang, ternyata hard disk ini juga menjadi salah satu komponen paling penting yang ada didalam sebuah laptop atau PC. Sebab tanpa ada hard disk, jelas Anda akan sangat kesulitan untuk menyimpan data. Mengingat pentingnya sebuah hard disk, maka Anda harus cegah hard disk laptop Anda rusak, salah satunya karena bad sector. Makanya Anda harus lakukan tips cegah hard disk laptop bad sector berikut ini.

Tips Cegah Hard Disk Laptop Bad Sector

Tips Cegah Hard Disk Laptop Bad Sector

Hindari mematikan laptop tanpa shutdown

Pada saat Anda pilih shutdown, laptop Anda akan menyimpan semua proses yang sedang Anda jalankan ke dalam hard disk. Apabila Anda secara tiba – tiba menghentikan kinerja hard disk tanpa terlebih dulu melakukan shutdown, bisa – bisa hard disk Anda jadi kaget dan akan memberi kerusakan pada silinder hard disk.

Rutin defrag hard disk

Proses penggunaan aplikasi, browsing, membuat, serta membuka dokumen terkadang membuat beberapa file atau data jadi terpecah atau defrag ke hard disk. Untuk solusinya Anda bisa lakukan defrag hard disk. Ini sangat penting sekali dilakukan supaya performa hard disk Anda tetap kencang.

Baca juga : Cara Memilih Hard Disk Eksternal Agar Gak Mudah Rusak

Partisi hard disk

Pada saat pertama kalinya menginstal sistem operasi pada laptop, Anda pastinya akan diminati untuk membuat partisi. Nah, partisi ini sangat penting sekali peranannya untuk cegah hard disk laptop Anda rusak. Dengan adanya partisi tersebut, maka Anda pastinya akan lebih bijak lagi dalam menggunakannya pada saat menginstal aplikasi atau pun menyimpan data. Jangan pernah membiarkan hard disk Anda penuh, sebab resiko penurunan performa akan jadi semakin cepat ketika hard disk penuh.

Menghindari benturan dan guncangan

Selain hal tersebut, untuk melindungi hard disk agar tidak mudah rusak adalah dengan menjaganya supaya tidak terbentur. Guncangan atau pun benturan akan menjadikan komponen laptop jadi terganggu, termasuk hard disk.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips cegah hard disk laptop bad sector yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password