Samsung Galaxy Tab A untuk Anak Muda yang Produktif

Samsung Galaxy Tab A with S Pen

Di waktu luang, ada beberapa kegiatan menyenangkan yang bisa Anda lakukan sembari menunggu. Anda bisa menghabiskan waktu dengan membaca buku, menonton film, menggambar, atau browsing internet untuk mencari berita-berita terbaru.

Akan tetapi, kegiatan-kegiatan tersebut akan menuntut Anda untuk membawa banyak barang bawaan saat tidak berada di rumah. Untuk menggambar, tentu Anda perlu membawa sketch book, pensil, penghapus, dan alat pewarna. Untuk menonton film Anda butuh laptop atau televisi. Sedangkan untuk membaca buku, Anda tentunya ke mana-mana juga harus membawa buku.

Agar Anda tak perlu repot-repot membawa semua barang tadi, tablet teranyar Samsung yaitu Galaxy Tab A with S-Pen bisa menjadi salah satu solusi. Perangkat yang dirilis pada Oktober 2016 lalu ini dapat menunjang produktivitas Anda di mana saja dan kapan saja.

Dengan membawa perangkat berukuran 10,1 inci tersebut, Anda bisa membaca buku, menonton film, menggambar, browsing internet dan melakukan aktivitas produktif lainnya hanya. Bobot perangkat inipun relatif ringan yakni cuma 525 gram.

 

S-Pen yang sama dengan Galaxy Note 7

Pensil digital S-Pen yang disematkan pada Samsung Galaxy Tab A ini memiliki fitur-fitur software yang sama dengan milik Galaxy Note 7.

Saat mengambil S-Pen dari sisi kanan bawah tablet, layar akan memunculkan Air Command yang berisi beberapa fitur. Salah satunya adalah Create Notes untuk mencatat atau doodling secara kilat. Tersedia banyak pilihan palet warna dan alat gambar digital. Ada juga pilihan ketebalan brush dan kapasitas warna.

Kemudian ada Smart Select untuk membuat konten berformat GIF yang berasal dari video panjang. Anda cuma perlu memilih Smart Select ketika akan memainkan video. Pilih area video yang ingin dijadikan GIF, lalu putar videonya dan pilih Record untuk merekam. Fitur ini akan sangat menarik bagi Anda yang gemar membuat konten GIF untuk dibagikan ke media sosial.

Selanjutnya ada Screen Write. Fitur ini berguna untuk memindai konten tertentu yang kemudian dapat dicoret dan dibagikan ke email atau media sosial. Fitur ini sangat bermanfaat bagi para editor yang ingin mengoreksi naskah. Atau bahkan membantu para guru dan dosen yang sedang mengevaluasi tugas murid dan mahasiswanya.

Ada pula fitur Translate untuk menerjemahkan bahasa asing secara real-time dalam kata per kata. Fitur ini tentunya sangat membantu ketika Anda membaca e-book berbahasa asing. Anda cukup memilih Translate, kemudian Anda dapat menunjuk kata-kata tertentu pada e-book. Terjemahannya dalam Bahasa Indonesia pun akan langsung muncul sebagai pop-up di atas kata.

Selain empat fitur Air Command yang tersedia secara default tadi, Anda bisa menambahkan shortcut ke aplikasi lain yang sering dikunjungi. Anda bisa menyisipkan aplikasi Netflix atau YouTube sehingga lebih cepat diakses ketika membuka tablet jika suka menonton dan menikmati konten video.

 

Desain standar

Dilihat dari desainnya, Samsung Galaxy Tab A with S-Pen ini sebenarnya tidak menghadirkan inovasi yang berbeda. Ukurannya masih terbilang tebal, yaitu dengan dimensi 254,2 mm X 155,3 mm X 8,2 mm.

Bazel-nya pun sama seperti tablet umum yang beredar di pasaran, yaitu tidak tipis. Bodinya pun masih berbalut bahan plastik sehingga kurang terkesan premium dan megah. Balutan kaca di bagian depan juga berfungsi untuk melindungi layar.

Untuk sisi depan, Samsung Galaxy Tab A memiliki satu tombol fisik dan dua soft buttons untuk navigasi. Tombol fisik untuk menjalankan fungsi “home” terletak di sisi tengah bagian bawah. Sedangkan, dua soft buttons berfungsi untuk “back” dan “menu”.

Untuk bagian sisi samping, terdapat slot microSD, tombol volume up/down, serta tombol on/off. Sedangkan, di sisi bawah terdapat kisi-kisi speaker, port USB, dan port audio 3,5 mm.

 

Kesimpulan

Samsung Galaxy Tab A ini bisa dibilang tablet rasa Galaxy Note 7. Fitur-fitur yang diusung tablet ini cocok untuk anak muda yang produktif, kreatif, punya mobilitas tinggi, dan tak mau ribet. Dengan harga Rp 4,7 jutaan, desainnya terbilang standar.

 

Spesifikasi

Dimensi: 254.2 mm X 155.3 mm X 8.2 mm

Berat: 525 g

Slot SIM: Nano SIM

Ukuran layar: 10.1 inci

Tipe: PLS LCD capacitive touchscreen

Resolusi: 1200 x 1920 piksel

Kerapatan: 224 ppi

Sistem Operasi: Android Marshmallow 6.0

Chipset: Exynos 7870

CPU: Octa-core (4×1.6 GHz Cortex-A53 & 4×1.0 GHz Cortex-A53)

GPU: Mali-T830 MP2

Konektivitas: 2G/3G/4G

RAM: 3 GB

Memori: 32 GB

Slot microSD: sampai 256 GB

Non-removable Li-Ion 7.300 mAH

Utama: 8 MP, f/1.9, autofocus, LED flash

Selfie: 2 MP, f/2.2

 

Sumber : Kompas.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password