Penemuan Exoplanet Layak Huni Dan Fakta-Faktanya

Exoplanet

BADAN Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan penemuan tujuh planet seukuran Bumi yang tersusun di sekitar bintang tunggal. Tiga dari planet tersebut berada di zona yang layak huni yang disebut Exoplanet .

Penemuan Exoplanet ini merupakan pencapaian baru. Ini merupakan penemuan terbesar susunan planet di luar tata surya atau yang secara ilmiah disebut dengan exoplanet.

Dilansir dari situs resmi NASA, tiga dari tujuh planet tersebut berada di zona yang layak huni. Planet-planet tersebut berada di atmosfer Kemungkinan di sana memiliki air yang merupakan sumber kehidupan, sebab planet tersebut berada di kondisi atmosfer yang tepat. Tiga Exoplanet tersebut mempunyai peluang layak huni paling tinggi.
“Penemuan ini bisa menjadi bagian penting dari teka-teki untuk menemukan lingkungan yang layak huni, tempat-tempat yang kondusif untuk hidup,” kata Thomas Zurbuchen, Associate Administrator Science Mission Directorate di Washington dikutip dari situs resmi NASA, Kamis, 23 Februari 2017.

“Menjawab pertanyaan ‘apakah kita sendiri’ adalah prioritas ilmu pengetahuan yang paling tinggi dan menemukan planet sebanyak ini untuk pertama kalinya di zona layak huni merupakan langkah maju yang luar biasa untuk mencapai tujuan itu,” tuturnya.

Baca Juga : Bumi Memiliki Bulan Kedua

Berjarak 40 tahun cahaya (235 triliun mil) dari Bumi, susunan planet ini relatif dekat dengan bumi, berada di konstelasi Aquarius. Karena mereka berada di luar sisitem tata surya, planet-planet ini secara ilmiah dikenal sebagai exoplanet.

Exoplanet ini dinamai TRAPPIST-1, nama ini berasal dari The Transiting Planets and Plantesimals Small Telescope (TRAPPIST) yang berada di Cili. Pada Mei 2016, dengan menggunakan TRAPPIST itu, peneliti mengumumkan telah menemukan tiga planet.

Hasil terbarunya dipublikasikan Rabu, 22 Februari 2017, di jurnal Nature dan diumumkan di sebuah konferensi pers di kantor NASA di Washington.

Menggunakan data Spitzer, tim bisa mengukur ukuran ketujuh Exoplanet itu dan memperkirakan massa enam planet. Sehingga kerapatannya pun bisa diperkirakan.

Berdasarkan kerapatan itu, semua planet TRAPPIST-1 kemungkinan berupa batuan. Observasi lebih jauh tidak hanya akan membuktikan apakah terdapat banyak air, tetapi juga memungkinkan mengungkapkan  apakah mereka punya air di permukaan. Massa planet ketujuh dan terjauh explonet ini belum diperkirakan.

Exoplanet, di mana ia sempat jadi Google Doodle, berpotensi menompang kehidupan organik. Tiga dari tujuh planet yang ditemukan dalam orbit teratur memunculkan batuan sebagai alam dan memiliki temperatur yang memungkinkan adanya air, termasuk samudra. Secara jangka panjang, planet-planet mungkin menompang kehidupan, termasuk soal ketersediaan oksigen.

Meski bukti kehidupan tak bisa ditemukan secara instan, namun tetap bisa berkembang selama berabad kemudian. Punya ukuran lebih besar dari Jupiter dan berjarak 39 tahun cahaya, planet temuan NASA ini dikatakan masih muda dan bisa terus mengalami perkembangan. Dikatakan, tata surya ini punya kemungkinan umur 700 kali lebih panjang dari Bimasakti.

Identifikasi planet-planet ini menggunakan transit photometry. Ilmuwan NASA menggunakan Trappist robotic telescope dari Gurun Atacama, Chile untuk menemukan tata surya baru tersebut. Telah melacak setidaknya 34 transit menggunakan teleskop Spitzer, mereka akhirnya berani mengonfirmasi keberadaan tujuh planet di tata surya baru.

Kondisi di exoplanet mungkin akan lebih gelap dan hangat daripada Bumi. Situasinya dikatakan 200 kali lebih gelap dari Bumi dan akan terdapat perbedaan lama waktu siang – malam. Namuan selebihnya, kemungkinan pola kehidupan dikatakan sama dengan Bumi.

Ini hanya permulaan. Eufornia penemuan exoplanet ini dikatakan hanya permulaan, lantaran masih terdapat 40 miliar bayangan yang belum diidentifikasi di luar Bimasakti. Exoplanet pertama ditemukan pada 1992. Setelah itu terdapat 3.500 dunia baru yang berlokasi di 2.675 sistem bintang

Baca Juga : Ditemukannya Planet kesembilan, pertanda kiamat sudah dekat

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password