MISI TERBARU NASA UNTUK MENGUNGKAP AWAL ALAM SEMESTA

Pada tanggal 4 Januari lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan misi terbarunya tentang bagaimana cara mengungkap terbentuknya tata surya.

Misi itu dinamakan Lucy dan Psyche, dan NASA berharap bisa meluncurkan keduanya pada 2021 dan 2023 secara berturut-turut. Namun sebelum itu NASA menguji dahulu misi ini untuk bisa mendarat di planet Mars.
Periode yang ingin dipelajari NASA ialah era sekitar kurang dari 10 miliar tahun setelah kelahiran matahari. Dari data yang diambil, asteroit tertua yang ditemukan itu menjelaskan informasi bagaimana awal alam semesta diciptakan. Misi Lucy dinamai seperti rangkaian fosil hominid yang ditemukan di Ethiopia pada 1974 akan melibatkan pengiriman pesawat antariksa robotik untuk mempelajari asteroid Yupiter yang disebut Trojan. Asteroid tersebut diduga sebagai relik dari era yang jauh lebih awal dalam sejarah tata surya.
“Ini adalah kesempatan unik”, kata Harold Levison, kepala penyidik misi Lucy seperti dilansir AFP.
Dikatakan unik karena Trojan adalah sisa-sisa material purba yang membentuk planet luar, mereka memegang petunjuk penting untuk memecahkan sejarah tata surya. Lucy, seperti fosil manusia yang namanya diambil, akan merevolusi pemahaman asal mula kita.

 

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password