4 Langkah Tangani Virus Wanna Cry, Anda Wajib Tahu!

4 Langkah Tangani Virus Wanna Cry, Anda Wajib Tahu!

Styleintech.com – Virus Wanna Cry memang saat ini tengah menjadi viral bahkan Indonesia dihebohkan dengan beberapa komputer di rumah sakit yang terkena virus ini. Wabah virus komputer yang berjenis ransomware Wanna Decryptor atau Wanna Cry ini membuat seluruh rumah sakit mengambil sikap cepat untuk menangkal penyebaran dari virus ini. Tentu tujuannya agar virus tidak menjalar dan merusak data pasien serta mengganggu pelayanan terhadap pasien.

Sebenarnya tak hanya rumah sakit yang berpotensi untuk terserang ancaman virus wanna cry. Bahkan kantor dan komponen lapisan masyarakat biasa juga bisa mengalami serangan wanna cry. Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk menanganinya jika memang virus wanna cry datang dan menjangkit sementara kita masih belum tahu akan hal tersebut? Berikut informasinya untuk Anda!

Langkah Tangani Virus Wanna Cry

Wanna Cry

Langkah penanganan 1 – 2

Wanna Cry ini merupakan sebuah virus yang tergolong ransomware dan mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi server message block. Jika komputer Anda terserang virus ini, komputer akan meng encrypt semua file yang ada sehingga tak akan bisa diakses kembali. Kemudian akan muncul pesan tebusan sejumlah uang dalam bentuk bitcoin untuk pembayaran uang tebusan tersebut.

Bagi Anda yang laptopnya terjangkit virus ini, ada baiknya lakukan tindakan yaitu :

  • Update security pada windows dengan install Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft. Anda bisa lihat di https://technet.microsoft.com/en-us/library/security/ms17-010.aspx.
  • Jangan Anda mengaktifkan fungsi macros.
  • Coba untuk Anda nonaktifkan fungsi SMB v1. Kemudian block 139/445 & 3389 Ports.
  • Selalu lakukan backup file file penting di komputer Anda dan simpan di tempat yang lain.

Langkah penanganan 3 – 4

Untuk Anda yang terinfeksi virus malware wanna cry agar Anda putuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi karena akan menghentikan penyebaran virus ini semakin parah bahkan di komputer yang lainnya. Secara teknis, tentang keamanan sistem komputer dapat dilakukan berkonsultasi online ke ID-SIRTII email : [email protected]

Itulah informasi yang kami dapat berikan untuk Anda mengenai langkah penanganan virus wanna cry. Semoga menjadi informasi yang bermanfaat.

Baca Juga : Tips Ampuh Mengatasi Android Lemot Wajib Kamu Coba

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password