Jepang Luncurkan Roket Pembersih Ruang Angkasa

TOKYO – Di ruang angkasa sana, kemungkinan memiliki seratus juta keping sampah yang mengapung dan mengelilingi planet Bumi. Untuk megatasi hal tersebut, Jepang dilaporkan telah mengirim roket pembersih.

Roket itu bernama Kounotori atau diterjemahkan menjadi Bangau dalam bahasa Indonesia. Kounotori berhasil diluncurkan ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional dari pulau selatan Tanegashima, sekira pukul 10.30 waktu setempat, pada Jumat (9/12/2016).

Dikutip Daily Mail, Senin (12/12/2016), roket milik Jepang tersebut bertugas untuk membersihkan sampah-sampah yang mengapung di ruang angkasa. Untuk menyapu sampah, roket ini menggunakan jaringan khusus.

Alat yang digunakan dalam jaring itu disebut tether electrondynamic yang terbuat dari kawat stainless dan aluminium. Salah satu ujung strip akan menjaring puing-puing yang tersebar di ruang angkasa.

“Panjang tether saat ini adalah 700 meter. Namun diperkirakan akan membutuhkan sekira 5.000 hingga 10.000 meter untuk membersihkan sampah yang lebih banyak,” ungkap insinyur Katsuya Suzuki.

Jaring yang terdapat pada roket Kounotori merupakan proyek kerjasama antara Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) dengan sebuah perusahaan produsen jala, Nitto Seimo.

Selain memiliki jaring untuk membersihkan ruang angkasa, roket Kounotori juga membawa perbekalan ke Stasiun Ruang Angkasa Internasional seperti 5 ton makanan, air dan perlengkapan lainnya.

Seorang juru bicara badan antariksa mengatakan bahwa ia berharap untuk menempatkan sistem pengumpulan sampah mulai digunakan pada pertengah dekade berikutnya.

“Jika kita berhasil dalam uji coba ini, langkah berikutnya adalah melakukan tes lainnya yang melampirkan satu ujung tali ke benda yang menjadi target,” ungkapnya.

Sumber : okezone.com

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password