Ciri-Ciri Situs Phishing yang Harus Anda Tahu

Ciri-Ciri Situs Phishing

Styleintech.com – Istilah phishing ini memang sering sekali terdengar seperti plesetan dari fishing atau pun memancing jika dalam bahasa Inggrisnya. Hanya, makna dari phishing itu sendiri lebih ke arah modus kejahatan cyber yang sesuai namanya, yakni memancing korbannya untuk sambut umpan yang biasanya tampil sebagai halaman login. Tujuannya pasti tak jauh dari tindak pencurian informasi pribadi, terutama user name dan password akun-akun penting. Nah, supaya Anda tidak tertipu dengan situs phishing tersebut, kali ini kami akan memberitahu Anda tentang ciri-ciri situs phishing yang harus Anda tahu. Simak terus informasinya ya!

Ciri-Ciri Situs Phishing yang Harus Anda Tahu

Ciri-Ciri Situs Phishing

Tampilan mirip dengan yang asli

Sebab tujuannya adalah mengecoh korbannya, maka situs yang seperti ini umumnya mempunyai tampilan yang mirip sekali dengan aslinya. Kurang lebih tingkat kemiripannya tersebut bisa mencapai hingga 90%. Tetapi umumnya masih ada beberapa kecacatan, misalnya saja seperti caption di button atau pun beberapa konten teks yang dibuat sedikit berbeda dari situs asli.

Baca juga : Daftar Situs Indonesia yang Pernah Dibobol Hacker Indonesia Sendiri

Alamat website yang sedikit typo

Situs phishing ini memang mirip sekali secara penampilan, tetapi tak mungkin mempunyai alamat website atau pun URL yang sama persis dengan aslinya. Itu sebab 1 domain hanya bisa digunakan untuk 1 website. Untuk mengakalinya, biasanya penjahat cyber akan menggunakan nama domain yang sedikit mirip dengan situs asli. Dan kadang kalanya mereka juga membuatnya sedikit typo.

Tidak dibekali dengan HTTPS

Untuk memberikan jaminan keamanan pada para pengguna, situs yang kredibel umumnya membekali halman websitenya dengan perlindungan HTTPS. Kadang memang tak semua halaman dibekali dengan fitur tersebut, tapi untuk halaman login bisa dipastikan ada. Anda bisa melihatnya dibagian address bar dari peramban internet yang Anda gunakan. Pada situ phishing penggunaan HTTPS ini hampir bisa dipastikan tidak ada. Jadi, bisa dipastikan itu adalah situs phishing.

Demikianlah yang bisa kami informasikan tentang ciri-ciri situs phishing yang harus Anda tahu. Semoga informasi yang sudah kami bagikan diatas bermanfaat.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password