Cara Tangkal Virus Wanna Cry Dari APJII

Cara Tangkal Virus Wanna Cry Dari APJII

Styleintech.com – Virus wanna cry yang berbasis ransomware virus memang kini sedang marak – maraknya. Ada beberapa rumah sakit di Indonesia yang sudah mengalami masalah dengan virus yang satu ini. Virus wanna cry yang juga banyak disebut sebagai virus pemerasan harusnya tidak ada karena dapat merugikan mereka yang mengalaminya. Terdapat beberapa cara tangkal virus Wanna Cry salah satunya tips dari APJII berikut ini.

Menanggapi serangan siber berskala global yang ada, APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) kemudian menyampaikan beberapa tips dan trik yang dapat digunakan dalam meminimalisir jumlah komputer yang berpotensi mengalami masalah virus wanna cry. Berikut informasi tentang cara tangkal virus wanna cry dari APJII yang Anda perlu tahu. Cek informasinya!

Cara Tangkal Virus Wanna Cry Dari APJII

Agar komputer Anda tidak terserang virus siber ransomware wanna cry, ada beberapa cara tangkal virus wanna cry yang perlu Anda tahu diantaranya :

Sebelum menyalakan komputer

Pertama – tama sebelum Anda menyalakan komputer yang perlu Anda lakukan adalah :

  • Cabut kabel data (LAN) yang tersambung.
  • Matikan Wifi yang secara otomatis tersambung ke komputer Anda.
  • Setelah komputer dinyalakan
  • Setelah komputer diyakinkan aman dan tidak tersambung ke internet, komputer dapat dinyalakan dan lakukan backup data ke eksternal HDD atau USB flash drive.
  • Selanjutnya unduh security patch dari komputer berbeda yang tidak terlalu kritikal fungsinya atau melalui komputer berbasis non microsoft.
  • Setelah Anda selesai melakukan backup data dengan aman ke flash drive atau eksternal HDD, Anda bisa langsung melakukan update melalui file yang telah diunduh pada langkah terdahulu.
  • Silahkan melakukan aktifitas seperti biasa setelah Anda berhasil melakukan security update yang diperlukan.

Guna melakukan tindakan antisipasi kejadian serupa ke depannya, sangat diharapkan kepada seluruh pengguna komputer untuk secara cepat melakukan update system jika telah tersedia. Itulah informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang cara tangkal virus wanna cry dari APJII untuk Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat menerapkan.

Baca Juga : 3 Aplikasi Untuk Melawan Ransomware di PC/Komputer Kamu

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password