Benarkah Antivirus Bisa Sebabkan Laptop Jadi Lemot?

Antivirus Bisa Sebabkan Laptop Jadi Lemot

Styleintech.com – Antivirus pada dasarnya merupakan salah satu perangkat lunak yang memang diciptakan khusus untuk atasi virus atau malware yang sebabkan perangkat jadi lambat atau lemot. Tetapi apa Anda juga sudah tahu jika software satu ini justru membikin PC atau laptop jadi lemot? Ya, tak hanya berguna untuk membersihkan laptop Anda dari berbagai virus atau malware, pada kenyataannya antivirus bisa sebabkan laptop jadi lemot saat jalankan aktifitas tertentu. Berikut ini ada beberapa kasus lemot di laptop yang disebabkan oleh antivirus yang harus Anda tahu.

Kasus Lemot di Laptop yang Disebabkan Oleh Antivirus

Antivirus Bisa Sebabkan Laptop Jadi Lemot

Loading sebuah situs atau website

Dalam aktifitas browsing dengan menggunakan PC atau laptop, tak jarang pengguna pernah mengalami proses loading yang sangat lamba saat membuka suatu situs atau website. Hal tersebut bisa saja karena antivirus yang Anda gunakan. Faktanya keberadaan antivirus bisa jadi penyebab penurunan kecepatan loading hingga 11 – 16% pada laptop Anda.

Download aplikasi

Bahkan tak hanya membuka sebuah situs atau website, antivirus nyatanya juga bisa jadi penyebab penurunan kecepatan pada sebuah laptop pada saat mendownload aplikasi maupun program. Penggunaan antivirus memang bisa sebabkan penurunan performa laptop ketikan mendownload aplikasi sebanyak 3 – 4%.

Memulai aplikasi

Selain berbagai aktifitas pada saat browsing, ternyata keberadaan serta penggunaan antivirus juga bisa jadi penyebab utama laptop lemot saat memulai atau melaunching sebuah program maupun aplikasi. Terjadinya penurunan performa, dalam hal ini kecepatan pada laptop akan alami penurunan hingga 9 – 15% saat memulai sebuah aplikasi.

Install aplikasi

Selain hal tersebut, penggunaan antivirus pada kenyataannya juga sebabkan penurunan performa kecepatan pada PC atau laptop yang paling besar untuk aktifitas satu ini. Keberadaan antivirus di laptop Anda pada kenyataannya sebabkan penurunan kecepatan sebanyak 26 – 35% pada saat Anda mencoba install sebuah aplikasi maupun program tertentu.

Menyalin file

Menyalin file ternyata juga bisa menjadikan laptop Anda akan jadi lambat atau lemot sebab keberadaan antivirus. Ya, selama proses pemindahan file, baik itu dari satu folder ke folder yang lain, disk ke disk lainnya, hingga menyalin atau menerima file antar perangkat, proses tersebut akan alami penurunan kecepatan hingga 7 – 18%.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang benarkah antivirus bisa sebabkan laptop jadi lemot. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan berbagai tips dan berita menarik dan terbaru seputar teknologi dengan cara mengisi form dibawah ini!

*
*

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password